Ini Ucapan Minta Maaf Menhan AS Kepada Panglima Gatot Nurmantyo

0
Gatot Nurmantyo

Banuherang.com – Ini Ucapan Minta Maaf Menhan AS Kepada Panglima Gatot Nurmantyo. Seperti yang sudah kita ketahui, tanggal 22 kemarin Panglima TNI Indonesia yaitu Gatot Nurmantyo yang ingin terbang ke AS dalam rangka untuk menghadiri undangan yang juga datang dari AS harus gagal karena dicekalnya Panglima Gatot untuk masuk ke wilayah AS.

Dengan kejadian itu maka pemerintah Indonesia langsung bergerak cepat untuk menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi. Dan siang tadi Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) James Mattis telah memohon maaf terhadap Panglima Gatot yang disampaikan kepada Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu.

“Permintaan maaf disampaikan secara khusus sebelum Menhan AS bertemu para Menhan ASEAN yang saat ini sedang melakukan pertemuan tahunan 2017 di Clark, Filipina,” kata Kapuskom Publik Kementerian Pertahanan (kemenhan) Kolonel Totok dalam keterangan tertulis kepada awak media, Senin (23/10).

Tak ada penjelasan rinci soal penolakan terhadap Gatot, namun kedutaan AS di Jakarta, hari Minggu (22/10), menyatakan tidak ada masalah dan Jenderal Gatot bisa terbang ke AS.

Meski persoalan dinyatakan sudah selesai, Asisten Teritorial Panglima TNI, Mayor Jenderal Wiyarto, mengatakan bahwa Gatot saat ini masih berada di Jakarta.

Namun sayang hingga sampai saat ini pihak AS masih belum memberikan alasan kenapa Insiden ini bisa terjadi.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan pemerintah Indonesia menganggap permintaan maaf Amerika Serikat tidak cukup untuk menyelesaikan insiden pencekalan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Retno berkata, AS harus menjelaskan duduk perkara tersebut secara rinci. “Yang kami tetap minta adalah penjelasan mengapa hal ini bisa terjadi,” kata Retno, Senin (23/10).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here